Frozen Lagi

Kacang Beku, Kacang, Hijau, Lezat, Segar, Sayuran
pixabay.com

Postingan ini adalah lanjutan jenis bahan pangan nabati yang biasa saya bekukan, jika ada bahan yang bersisa dan belum akan dikonsumsi dalam waktu dekat.

  1. Nasi. Seringkali nasi bersisa hanya sedikit, dibuat nasi goreng tanggung, jika dipanaskan lagi bersama nasi yang baru kadang malah jadi merusak nasi yang baru dimasak. Cara yang saya lakukan adalah mewadahi nasi yang tersisa sedikit tersebut lalu dibekukan. Jika di malam hari kondisi darurat ada yang ingin makan sedangkan nasi sudah habis, tinggal mengukus nasi yang dibekukan tadi. Alhamdulilah jadi tidak mubazir. Nasi beku bisa dikukus atau masukkan rice cooker mode warm, waktunya lebih lama daripada dikukus.
  2. Pisang. Pisang yang sudah terlalu matang lebih baik dibekukan jika belum akan digunakan. Teksturnya setelah dibekukan akan berubah menjadi sangat lunak. Saran olahan lanjutan yang cocok adalah untuk smoothie, bolu pisang atau lapek.
  3. Tape. Jika sedang punya tape ketan atau tape singkong, tapi belum ingin dikonsumsi, biasanya saya bekukan sebagian. Tekstur dan rasa tidak akan berubah. Keluarkan secukupnya jika dibutuhkan.
  4. Daun singkong. Berhubung daun singkong yang bagus termasuk langka di pasar sini. Jika sekalinya ketemu yang muda dan bagus, saya beli dalam jumlah yang agak banyak. Disiangi lalu direbus setengah matang. Tiriskan lalu masukkan freezer. Tekstur dan rasa tidak berubah, aman untuk diolah selanjutnya jadi gulai daun singkong atau yang lainnya.
  5. Nangka muda (gori). Nangka muda yang sudah dipotong sesuai selera direbus setengah matang, tiriskan dan bekukan. Tekstur dan rasa tidak berubah.
  6. Daun pisang. Membeli daun pisang biasanya satu ikat, dan selalu bersisa cukup banyak. Disimpan saja dalam freezer, jika suatu waktu ingin membuat pepes bisa digunakan.
  7. Tomat. Bisa dibekukan juga, namun tekstur akan berubah lembek. Cocok untuk campuran jus buah, atau diblender dengan cabai untuk bumbu balado.
  8. Belimbing wuluh. Seringkali saya bekukan, karena tiap kali membeli selalu sisa lumayan. Daripada membusuk lebih baik dibekukan, nanti bisa diiris-iris sebagai campuran pepes atau pangek ikan.

Cukup sekian catatan lanjutan tentang bahan nabati beku, semoga bermanfaat. 💚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s