Rorombeheun

Feet, Ten, Barefoot, Child, Boy, Skin, Pajamas

pic from pixabay

Ro.rom.be.heun [n] istilah yang digunakan orang di daerah Sunda untuk sebutan bagi telapak kaki dan atau tumit yang permukaannya pecah-pecah.

Cukup lama bermukim di tataran sunda, saya mengagumi bahwa orang sunda itu punya banyak kosa kata dan detil untuk bermacam kata benda ataupun bermacam kondisi. Seperti halnya rorombeheun, dalam bahasa minang jika telapak kaki pecah-pecah tidak ada kosa kata pengganti untuk itu, jadi harus tetap disebut ‘talapak kaki pacah-pacah.’

Saya menderita rorombeheun sedari dulu, telapak kaki tidak pernah mulus. Namun kondisi terparah terjadi sekitar akhir tahun 2017, saat berat badan mencapai 72 kg. Telapak kaki tidak hanya sekedar pecah-pecah saja, bahkan mengelupas.

Awalnya saya berpikir hal tersebut disebabkan faktor bakteri saja, atas saran dokter puskesmas diolesi salep antibiotik. Ternyata tidak membawa kesembuhan sama sekali, telapak kaki tetap saja mengelupas sampai perih rasanya.

Datanglah saatnya pada suatu hari saya berkeinginan untuk menurunkan berat badan, mengurangi konsumsi karbohidrat, terutama nasi, mie dan roti. Saat itu berhasil menurunkan berat badan sekitar 10 kg, menjadi 62 kg. Dan tak disangka, telapak kaki ikut sembuh. Mulus tidak ada lagi terjadi pengelupasan.

Begitulah, sampai sekarang kontrol asupan karbohidrat di tubuh saya bisa dilihat dari telapak kaki. Jika terlihat pecah-pecah dan mengelupas berarti asupan karbo di tubuh mulai kebablasan. Bersyukur sampai hari ini jarang sekali terjadi pengelupasan seperti dulu, karena saya selalu membatasi karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Nah, buat teman-teman yang punya masalah rorombeheun. Solusi menggunakan krim pelembab sebenarnya hanya membantu sedikit saja dari luar, permasalahan utama ada dari dalam tubuh kita. Patut dicoba mengurangi konsumsi gula, nasi, mie dan roti. Insyaallah kondisi kulit secara keseluruhan akan membaik. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, ini juga berlaku untuk jerawat dan sariawan.

🧡

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s